Katagori Lainnya

UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 SERTA PENGALOKASIAN BLT-DD DI DESA JIWUT KEC.NGLEGOK KAB. BLITAR

Blitar, Praja Pos – Sesuai arahan Bupati Blitar dalam upaya untuk mencegah penyebaran covid-19, salah satu hal yang paling mendasar adalah dibentuknya tim relawan desa lawan covid-19 di tiap desa di wilayah Kab.Blitar.

Dalam wawancaranya dengan wartawan Praja Pos, Kamis (11/6/2020),  Yanwar selaku Kepala desa Jiwut sudah melakukan upaya pencegahan dengan membentuk tim relawan yang terdiri dari perangkat desa dan warga setempat.

Adapun kegiatan yang sudah dilakukan oleh pemdes dan tim relawan dalam memerangi pandemi covid-19 di desa jiwut antara lain :

  1. Sosialisasi kepada seluruh warga desa Jiwut dengan cara melakukan ledang keliling & memasang banner yang berisi langkah-langkah serta edukasi tentang virus covid-19
  2. Pendirian portal keluar masuk di jalan-jalan perkampungan desa jiwut.
  3. Penyemprotan desinfektan berkala oleh tim relawan di lingkungan desa Jiwut.
  4. Pembagian masker kepada seluruh warga desa Jiwut.
  5. Pendirian posko tim relawan di balai desa Jiwut.

 

Peran aktif kepala desa beserta perangkat dan tim relawan desa Jiwut dalam mensosialisasikan tentang cara pencegahan penularan virus covid-19 kepada seluruh warga desa, salah satunya menerapkan pola hidup bersih dan sehat ( PHBS ) dengan sering mencuci tangan pakai sabun, tidak berkerumun dan menjaga jarak minimal 1,5 meter ( physical distancing ) dan selalu menggunakan masker apabila bepergian keluar rumah.

’harapannya dengan adanya pandemi ini, masyarakat dapat mengambil hikmah serta meningkatkan kesadaran tentang pola hidup sehat”. Harap Yanwar selaku Kades Jiwut.

Selanjutnya terkait penyaluran BLT-DD tahap 1 sudah dilakukan oleh pemdes Jiwut kepada seluruh warga yang memenuhi kriteria penerima bantuan dan untuk penyaluran BLT-DD tahap 2 menurut keterangan Yanwar selaku kepala desa Jiwut akan disalurkan pada hari Senin 15 Juni 2020.

’semoga dengan adanya program BLT-DD dapat membantu perekonomian warga terdampak virus covid-19 dan bisa dimanfaatkan dengan baik” tuturnya. (Bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *